Rabu, 15 Desember 2010

SEJARAH PENDIRIAN


SEJARAH PENDIRIAN
ORGANISASI PERJUANGAN,ABDI RAKYAT SEJATI
Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI)CAB.FAKFAK)

GMNI adalah tempat persemaian kader-kader Nasionalis Bangsa. Terlahir dengan roh Marhaen sebagai manifestasi dari rakyat. Marhaen adalah gambaran dari berjuta-juta rakyat yang tertindas,terpinggirkan.Dalam konteks Refolusi-Orde Lama-Orde Baru-Orde Reformasi bahkan masa kini yang diklaim aktifis pro-dem sebagai masa tidak jelas. GMNI menjadi salah satu pilar sosial kontrol bagi arah dan gerak perjuangan bangsa dan negara.

Dalam konteks Lokal,secara Historis GMNI Cabang Fakfak terlahir dari sosok seorang aktifis Nasionalis bung Jeferson Jemi Liunsanda (biasa di sapa Bung JIMI). Ia adalah tokoh historis bagi pergerakan mahasiswa kala itu. Ia ber GMNI ketika GMNI berada dalam konflik internal yanng berkepanjangan. Konflik ini terjadi pada tingkatan GMNI Nasional. Bung Jimi MENDAPAT PENDIDIKAN KADER Aktivis GMNI dari GMNI Versi DPP sampai GMNI Versi Presidium.(Vesi KLB dan versi Marinda) Namun setelah Kongres persatuan GMNI, GMNI Fakfak turut mengmbil bagian dalam sejarah persatuan GMNI sebagai salah satu Organisasi Mahasiswa terbesar dan tertua dalam negara ini.Ketika GMNI CAB.Fakfak mendapat keapsahan dengan Ketua Cabang Pertama kala itu yakni Bung Jimi 2002-2006(fersi DPP) dan Periode 2006-2008, dilaksanakan Konferensi Cabang I sebagai Ketua terpilih Bung Jimi Liunsanda.dan pada konferensi cabang II Periode 2008-2010, bung Jimi terpilih lagi sebagai ketua cabang selanjutnya.dan pada bulan september 2010 dilaksanakannya Konferensi Cabang III, pada periode inilah Bung Andreas Heatubun terpilih sebagai Ketua.
Berikut adalah susunan pengurus DPC GMNI FAKFAK
1.PERIODE 2002-2004 : DPC GMNI FAKFAK masi status Cab. Persiapan namun telah mengikuti pendidikan kader GMNI diluar Fakfak (manado,manokwari)yang mengikutinya Bung Jimi Liunsanda dan bung Ampy Marlessy.
2.Periode 2004-2006,sama dengan diatas.
3.Periode 2006-2008,GMNI CAB.Fakfak merapatkan barisan ke GMNI Presidium Pusat(fersi Marinda)yang kala itu diketuai oleh Bung Deddy Rahmadi dan Sekjen adalah Bung Rendra Valentino.pada Bulan Januari 2008 terjadi Pertemuan antara bung Jimi dengan Pimpinan Presidium Pusat GMNI : Bung Ketua Presidium,Sekjen dan salah seorang Pengurus Presidium a.n.Bung Herman di Wisma Marinda (sekretariat Pusat GMNI)Jln Percetakan Negara Jakarta Pusat.Dari kepeutusan bersama GMNI Cab.Fakfak diintegrasikan kepada pengurus Presidium Pusat GMNI.dITERBITKANLAH SK DPC GMNI FAKFAK dengan pengurus sebagai berikut.
KETUA :JEFERSON jEMI LIUNSANDA
Wkil ketua:NOCH JAMLAAY
WKIL KETUA: ABDON RETRAUBUN
WKL KETUA ;RICHARD MADARCH
WKL KETUA :MOZES SAKLIL
WKL KETUA :FITRIA HEREMBA
SEKRETARIS:YUSTIN HOMER.SE
WKL SEKRETARIS:ELSINA BATILMURIK
BENDAHARA :MERY RAHAYAAN
SEKRETARIS:YUSTIN HOMER.S.Sos
4.PERIODE 2008-2010
KETUA :JEFERSON jEMI LIUNSANDA
Wkil ketua:NOCH JAMLAAY
WKIL KETUA: ABDON RETRAUBUN
WKL KETUA ;RICHARD MADARCH
WKL KETUA :MOZES SAKLIL
WKL KETUA :FITRIA HEREMBA
SEKRETARIS:YUSTIN HOMER.SE
WKL SEKRETARIS:ELSINA BATILMURIK
BENDAHARA :MERY RAHAYAAN
SEKRETARIS:YUSTIN HOMER.S.Sos

KETUA KOMISARIAT STIE :BUDI
KETUA KOMISARIAT STIA :
KETUA KOMISARIAT STT :AMPI MARLESSI (IKUT KONGRES NASIONAL GMNI BOGOR)

Kaderisasi yang dijalankan :PPAB dan KTD,SEMILOKA Membangun Ekonomi Rakyat dibidang pertanian,penghijauan dan pembersihan tempat wisata. DIALOG Lintas OKP,SEMILOKA 1 Abad kebangkitan bangsa.BAHKAN BERBAGAI AKSI-AKSI Turun Jalan terkait berbagai moment.Dialog,diskusi.Bahkan periode ini GMNI Cab. Fakfak menjadi pendiri Forum 5 Kelompok Cipayung dengan Sekretariat bersama di Wisma Marinda GMNI CAB.Fakfak.

Pada periode ini Bendahara Cabang meninggal dunia (sarina Meri).semoga arwahnya diterima Tuhan Yang Maha Esa.pengabdiannya sungguh menjadi sejarah bagi GMNI.
setelah itu karena tugas-tugas pengabdian setelah studi,bung Jimi (Ketua DPC) maka PJS sementara GMNI Fakfak dipegang oleh bung ABDON RETRAUBUN. dengan tugas menyiapkan Konferensi Cabang dalam waktu dekat. Namun yang bersangkutan juga pergi meninggalkan Fakfak ke Tual Maluku tenggara.Sedangkan Bung Noch Jamlaay ke Kaimana ekspansi membawa bendera GMNI ke Kaimana sebagai cabang persiapan.disitulah GMNI Cabang Fakfak pasang surut,bahkan hampir tenggelam.

pada penguhujung tahun 2010,tepatnya bulan september 2010, dilaksanakannya Konferensi Cabang III.Dengan tema ;Memperkokoh kekuatan mahasiswa demi mengawal pelaksanaan UU 21 THN 2001 tentang Otonomi Khusus.
Konferensi Cabag III GMNI FAKFAK berlangsung di conference room Hotel Fakfak. Jalannya Konfercab ini berlangsung panas, karena dilaksanakan pada persiapan PEMILUKADA KAB.FAKFAK.Banyak interfensi POLITIK KEDALAM Tubuh GMNI namun karena independensi GMNI Konferensi ini berjalan sukses.walau dicatat terjadi prang intrik bahkan gaduh.namun inilah fenomena beroraganisasi. Tokoh calon ketua saat itu adalah ;Bung Richard Madarch,Bung Andre Heatubun,bung Aleks Rahanyaan.Namun secara demokrasi Bung Andre terpilih sebagai Ketua DPC GMNI Fakfak periode 2010-2012.sUSUNANNYA SBB:
KETUA :ANDRE HEATUBUN
WAKET :
SEKRETARIS ;ALEKS RAHANYAAN
WKL SEKRETARIS ;EMMA.P.HEGEMUR

Demikian kisah HISTORIS GMNI CABANG FAKFAK,GMNI Jaya,Marhaen menang.selamat berjuang

0 komentar:

Entri Populer

Pengikut

Blogger template 'Browniac' by Angin-Selatan 2010

Jump to TOP